Simak Kategori Balap Sepeda Lengkap Tahun 2023

Balap Sepeda

Balap Sepeda

Simak Kategori Balap Sepeda Lengkap Tahun 2023

Sepeda balap adalah sepeda yang diberikan model serta rangka sepanjang mungkin agar memudahkan pengendara mencapai kecepatan tertentu. Namun, tetap juga ada sebagian yang tidak begitu memperhatikan hal tersebut. Lomba balap sepeda sudah sangat populer hingga saat ini sudah masuk ke dalam kategori olahraga Internasional. Hanya dari sebuah sepeda Anda sudah bisa memiliki kesempatan menjadi juara Dunia.

Namun, yang akan dibahas adalah beberapa kategori balap sepeda dan juga sedikit penjelasannya. Seperti yang diketahui balap sepeda bisa dilakukan dimana saja dan juga dengan track apa saja. Ada yang melakukan pertandingan indoor dan juga outdoor tergantung jenis perlombaan. Dan tidak selalu harus menjadi yang tercepat agar bisa menang, ada 1 kategori yang memerlukan skill bersamaan dengan kecepatan.

5 Kategori Lomba Balap Sepeda Internasional

Seperti yang sudah Anda ketahui sebagai para gowes, pertandingan balap sepeda sangat seru dan melelahkan. Mungkin sebagian dari kalian ada yang lebih memilih indoor dibandingkan pertandingan outdoor. Tapi indoor dan outdoor tidak begitu penting, yang penting adalah pengetahuan dan pengalaman terus bertambah di Dunia sepeda balap. Langsung saja kategori lomba sepeda sebagai berikut ini:

  • Balap Sepeda Gunung

Lomba balap sepeda gunung menjadi kategori utama dan paling besar di Dunia balap sepeda. Perlombaan juga tidak bisa diikuti sembarang orang karena track dibuat langsung di gunung. Dengan berbagai track curam dan berbahaya, sebagian orang merasa tertantang serta sebagian lagi mungkin ada yang merasa takut. Semua itu tergantung pilihan para gowes.

Lintasan yang berbahaya dan memacu adrenalin juga menjadikan salah satu alasan mengapa mountain bike ini sangat terkenal. Semakin sulit sebuah perlombaan akan semakin memberikan keunikan tersendiri pada perlombaan tersebut. Namun, tidak sedikit juga yang menjadi korban akibat balap di gunung karena baru pemula.

  • Balap Sepeda Indoor

Balap sepeda indoor semakin populer di tahun 2023 ini dengan peminat yang semakin bertambah setiap tahunnya. Aturan lebih simple dan juga track yang bisa memberikan jaminan keamanan jauh dari sepeda gunung. Karena track yang diberikan hanya lapangan oval dengan jarak dekat. Kemenangan bisa dilihat dari kecepatan pembalap menghabisi lap tersebut. Caranya sangat mudah hanya dengan mengelilingi lapangan sebanyak mungkin.

Tingkat kemiringan lapangan juga tidak main-main, bisa mencapai 45 derajat dari posisi datar. Tentu saja tidak mudah mengikuti lomba ini walau terlihat sangat sederhana dan hampir tidak ada halangan apapun. Kecepatan dan keseimbangan adalah hal utama yang harus dikuasai pada pertandingan ini.

  • Balap Sepeda BMX

BMX adalah singkatan dari Bicycle Motocross dan Anda semua pasti bingung kenapa tidak ada X nya. Untuk itu tidak akan dibahas karena memang sudah dari awal disebut seperti iut. BMX sendiri pertama kali ditemukan pada era tahun 1960-an di California, Amerika Serikat bersamaan dengan olahraga Motor Cross. Sepeda BMX menjadi motocross versi tenaga manusia yang sangat populer di Amerika.

Semua kalangan mulai menyediakan aksesoris pelindung untuk mengendarai sepeda BMX. Setelah itu, pada 10 tahun kemudian telah ada perkumpulan BMX yang berdiri di Amerika Serikat. Pada 1981 muncul Federasi Internasional BMX dan tahun 1982 pelaksanaan kejuaraan perdana dimulai sampai sekarang.

  • Road Race Marathon

Balap sepeda marathon sangat dikenal di berbagai penjuru Dunia karena mencakup wilayah besar untuk mengadakan lomba. Karena rata-rata jarak yang harus ditempuh adalah sejauh 2000 meter untuk marathon. Belum lagi tempat peserta dan penonton yang membuat pertandingan ini menjadi yang terbesar kalau sedang berlangsung. Road race marathon juga bisa diikuti semua kalangan tanpa batas usia, dengan alasan kesehatan yang bagus.

Sedikit sejarah nama dari Marathon yang sangat dikenang masyarakat Yunani hingga saat ini. Marathon adalah nama kota yang sempat terjadi perang persia dan prajurit Yunani. Prajurit Yunani tersebut berlari sangat jauh hanya untuk menyampaikan pesan bahwa Persia sudah dikalahkan. Namun, sayang sekali setelah menyampaikan pesan tersebut beliau meninggal Dunia. Dan perlombaan Marathon bermula dari mengenang prajurit berjasa Yunani tersebut.

Sekian dari artikel mengenai kategori sepeda balap versi tahun 2023, terima kasih sudah berkunjung dan sampai jumpa.

  • September 18, 2023