Mengulas Sepeda Listrik Terbaru Harley Davidson

Sepeda Listrik

Sepeda Listrik

Mengulas Sepeda Listrik Terbaru Harley Davidson

Sepeda listrik Harley Davidson Serial 1 merupakan produk terbaru dari Harley Davidson yang berkolaborasi dengan Serial 1. jawara79.pro Menciptakan ebike dengan bentuk klasik dan tangguh, yang dilengkapi dengan teknologi dan komponen modern.

Harley-Davidson merupakan brand yang terkenal, dan sangat identik dengan moge (motor gede). Pada akhir tahun 2020, Harley-Davidson memperkenalkan prototipe sepeda listrik mereka. Ekspansi bisnis ini membuka Harley-Davidson untuk masuk ke generasi konsumen yang lebih muda dan modern.

Harley-Davidson memang mengalami penurunan penjualan dalam beberapa tahun terakhir. Zaman sudah berubah, produsen mobil mulai beralih ke mobil listrik, ban 26″ digantikan ban 27,5″, motor chopper bersaing dengan motor scrambler. Gen Z, generasi milenial, semakin sulit ditembus oleh merek-merek klasik. Beradaptasi dengan teknologi modern akan membuka peluang pasar baru. Menciptakan produk baru dan inovatif diharapkan dapat meningkatkan penjualan Harley-Davidson.

Sebelum pandemi, pasar sepeda listrik terus tumbuh. Saat ini, secara global, penggunaan sepeda terus meningkat. Jadi tidak salah jika Harley masuk ke pasar dengan masa depan yang lebih diminati.

Sepeda Listrik Harley Davidson Seri 1

Konsep sepeda listrik Harley-Davidson sudah diperlihatkan sejak awal tahun 2019. Sepeda listrik Harley-Davidson Serial 1 merupakan kolaborasi antara Harley-Davidson dan merek start-up Serial 1. Serial 1 (www.serial1.com) sendiri merupakan perusahaan startup yang fokus pada pengembangan sepeda listrik, yang dipimpin oleh mantan karyawan Harley-Davidson.

Nama Serial 1 diambil dari “Serial Number One”, nostalgia akan bentuk dan nama motor pertama/tua Harley-Davidson yang dibuat pada tahun 1903.

Tidak banyak spesifikasi yang diketahui tentang sepeda listrik Harley Davidson Seri 1 ini. Namun, sepeda ini menggunakan sistem penggerak motor mid hub (posisi motor di tengah/rantai), tidak menggunakan sistem rantai, melainkan menggunakan sistem penggerak belt (Gates carbon belt). Seperti yang kita tahu, dengan motor mid hub, sepeda listrik akan terasa lebih natural, berbeda dengan motor yang digerakkan di roda depan atau belakang yang sensasi tarikannya berbeda dengan sepeda biasa. Ditambah lagi dengan sabuk penggerak rantai tunggal, untuk efisiensi daya yang lebih tinggi, suara yang tidak berisik, dan perawatan yang lebih mudah.

Sepeda listrik Harley-Davidson Series 1 menggunakan pedal-assist, di mana motor listrik akan aktif ketika kita mengayuh pedal, membantu mendorong sepeda, sehingga pedal menjadi ringan. Tidak ada tuas akselerator/tuas gas, dan kecepatannya dibatasi sekitar 20 atau 28 mph (sekitar 45 km/jam), mengikuti peraturan batas kecepatan e-pedelec pada umumnya.

Yang membedakan sepeda listrik HD dengan sepeda listrik lainnya adalah penampilannya. Penampilan sepeda listrik ini sangat menarik. Geometri rangkanya mungkin terlihat sederhana, namun nuansanya sangat klasik dan retro, tanpa menghilangkan aura Harley Davidson yang kuat.

Sistem Spare Part Listrik Harley Davidson

Modelnya menggunakan sadel kulit Brooks dengan suspensi, handgrip juga terbuat dari kulit. Yang lebih menarik lagi adalah penggunaan ban berwarna putih (bukan tanwall), persis seperti ban asli motor Serial Number One dan sepeda kuno. Lekukan ban hampir sama dengan bentuk ban Schwalbe Big Bens / Super Moto-X.

Sistem remnya menggunakan rem cakram piston ganda dengan rotor 203mm. Sepeda listrik ini juga memiliki lampu yang menyatu dengan rangka, baik untuk lampu depan (sekaligus emblem logo) maupun belakang.

Rodanya menggunakan Thru Axle (TA) untuk sepeda yang lebih kokoh dan tangguh, ban Harley Davidson tampak berukuran 27.5″ (650B), dengan tapak ban yang lebar. Rangka ebike ini secara geometris lebih rileks, lebih mirip sepeda listrik perkotaan, baterai terintegrasi dengan rangka, motor mid hub terintegrasi dengan braket bawah dan engkol, perutean kabel internal, penggunaan downtube yang besar agar terlihat garang.

Belum ada informasi terkait merek motor yang digunakan, kapasitas dan ukuran baterai, serta daya dan jarak tempuh sepeda listrik ini.

Harley Davidson tidak hanya membuat motor gede, mereka juga sebenarnya memiliki produk sepeda motor listrik, yaitu LiveWire, termasuk sepeda keseimbangan bertenaga listrik (sepeda anak). Dengan pengalaman tersebut, seharusnya sepeda listrik HD Serial 1 ini memiliki performa yang lebih terjamin.

  • September 19, 2023