Road Bike (Sepeda Balap) Terbaik Untuk Newbie

Road Bike

Road Bike

Road Bike (Sepeda Balap) Terbaik Untuk Newbie

Road Bike atau yang biasa disebut sepeda balap di Indonesia kini sudah sangat banyak sekali beredar. Terlebih lagi pada ibu kota Indonesia, Jakarta tepatnya pada senayan yang memiliki penggemar gowes terbanyak. Indonesia merupakan salah satu negara dengan peminat road bike terbesar di Asia sampai saat ini. Tidak heran bahwa masyarakat Indonesia memiliki kehidupan sehat dan selalu bugar walaupun sudah berusia.

Untuk Anda yang juga ingin memiliki roadbike ini tapi masih bingung bagaimana cara memilihnya, maka akan diberikan beberapa tips serta caranya. Beberapa brand terkenal yang harus Anda kenali terlebih dahulu seperti Polygon, United, Element, dan masih banyak lainnya. Walaupun produsen sudah terkenal dan populer sekali, para goweser tetap masih ada yang dilema dalam memilih sepeda sendiri.

Cara Memilih Road Bike Penting Untuk Pemula

Pada saat Anda sudah berencana memiliki sebuah sepeda balap, maka dari itu Anda harus mencari cara memilih dengan benar. Seperti yang akan dijelaskan kali ini untuk fitur yang harus Anda perhatikan dengan benar pada sepeda balap. Sebagai berikut ini:

  • Handlebar Drop

Handlebar adalah stang pada sepeda, dan ciri khas dari sepeda balap pada umumnya adalah bentuk stang yang melengkung ke bawah. Alasan diberikan bentuk stang seperti itu agar tubuh pengguna semakin membungkuk dan kecepatan semakin bertambah. Selain dari kecepatan, bisa juga menambah keseimbangan pada saat melaju dengan kecepatan tinggi.

Faktor dari hambatan angin juga bisa menjadi masalah bagi seorang pembalap sepeda. Maka dari itu, posisi dan bentuk sepeda sangat penting agar bisa memberikan hasil yang maksimal pula.

  • Bobot Ringan

Bobot adalah suatu nilai pada barang yang sangat relatif sekali. Beberapa sepeda MTB yang jauh lebih besar, mungkin saja bobot lebih ringan daripada sepeda balap pada umumnya. Namun, pada sepeda desain balap sendiri sudah otomatis dibuat seringan-ringannya untuk hasil yang maksimal.

Contohnya seperti komponen yang digunakan akan lebih kecil dari bentuk biasanya. Serta juga jenis komponen harus serba ringan, seperti pada contoh yang paling umum menggunakan karbon pada spare part. Karena mengurangi bobot pada sepeda adalah salah satu cara umum peserta agar lebih mendapatkan kecepatan tinggi.

  • Posisi Atletis

Sepeda balap pada umumnya akan otomatis memberikan peserta kepada posisi tubuh yang atletis. Seperti posis badan dipaksa untuk memaksimalkan otot pinggul, paha, dan juga kaki. Agar saat mendayung pedal, tidak akan terasa berat dan juga kenyamanan bisa Anda dapat sampai selesai pertandingan.

  • Roda Tipis

Roda tipis secara logika akan memberikan keuntungan dalam mengurangi berat pada sepeda Anda. Dan tidak lupa juga roda yang tipis akan bisa meningkatkan Aerodinamis, untuk menghindari hambatan angin yang bisa memperlambat sepeda. Selain daripada roda, frame (kerangka) juga menjadi salah satu faktor yang harus berbentuk lonjong untuk fleksibilitas.

Karena sangat jarang sekali ditemui berbentuk bulat atau bahkan kotak. Maka dari itu, apabila ada yang bentuknya aneh-aneh itu artinya bukan sepeda balap yang Anda cari saat ini.

  • Road Bike Tanpa Suspensi

Suspensi tidak digunakan pada sepeda ini karena alasan bisa memperlambat dan meredam getaran yang ada. Tanpa Anda sadari suspensi juga bisa menguras tenaga otot kaki pada manusia secara tidak langsung. Lama kelamaan dayungan sepeda peserta tersebut akan semakin lambat dan akhirnya cedera. Menggunakan suspensi adalah kesalahan terbesar Anda apabila hobi bersepeda Anda dengan mode cepat.

Tenaga yang dikeluarkan dari otot kaki kita tidak akan bisa tersalurkan langsung ke rantai. Sehingga roda belakang tidak langsung menerimanya, dan lebih uniknya lagi sebagian tenaga tersebut terserap oleh suspensi. Dikarenakan juga sepeda balap didesain bukan untuk jalan terjal atau tidak rata. Jadi, tidak diperlukan suspensi untuk sepeda yang satu ini.

Kesimpulan dari artikel ini adalah jika ingin memilih sepeda balap, silahkan dibaca sampai tuntas dahulu. Setiap sepeda memiliki tingkat kualitas yang sangat berbeda-beda satu sama lainnya. Terima kasih sudah berkunjung dan sampai ketemu lagi di artikel selanjutnya.

  • September 18, 2023