Speed & Gear : Ratio Sepeda Lipat Brompton

Ratio Speed & Gear

Ratio Speed & Gear

Speed & Gear : Ratio Sepeda Lipat Brompton

Pada saat Anda telah memilih salah satu produk sepeda lipat brompton, speed dan juga gear ratio juga sangat perlu diperhatikan. Karena performa dari sebuah sepeda akan berpengaruh besar terhadap area bersepeda dan juga otot kaki. Tujuannya adalah agar kita bisa bersepeda jauh lebih aman dan juga nyaman dengan jangka waktu lebih lama dari biasanya. Tidak dapat dipungkiri lagi kalau sepeda brompton memiliki begitu banyak sistem mekanisme yang harus dipelajari sedemikian rupa.

Speed dan juga ratio memang adalah keseimbangan yang harus dijaga pada sepeda brompton. Selain dari sepeda brompton yang tergolong dengan harga tinggi para konglomerat, setiap sepeda wajib diperhatikan dengan tujuan baik. Semua juga akan berdampak baik untuk sang pengguna sepeda tersebut karena ketika kita sudah memahami apa yang sedang kita gunakan, maka itu akan sangat bagus.

Ukuran Chainring Sepeda Lipat Brompton

Sepeda lipat brompton akan selalu memberikan single chainring dengan ukuran 44T, 50T, sampai dengan 54T. Chainring bisa dilihat dari speed sepeda juga, kalau speed pada sepeda ada pada kisaran 3 sampai 6 maka chainring adalah 50T. Namun tetap masih bisa diganti dengan varian 44T (lower gear) dan juga 54T (High gear). Pilihan standar chainring standar sepeda lipat brompton adalah sebesar 54T.

Apabila Anda melihat spesifikasi sepeda brompton, terdapat di keterangan gear rasio standar -12% gearing as standard. Terdapat pada beberapa jenis sepeda brompton murah B75 dan lain-lain. Kalau pada sepeda lipat merk lain, semua spesifikasi akan diberikan secara lengkap seperti ukuran chainring dan lainnya. Namun, belum ada alasan jelas untuk pertanyaan besar yang membuat sepeda brompton golongan mahal tidak semuanya memiliki keterangan lengkap.

Brompton juga pasti memiliki  ukuran standard yang sering digunakan, dalam kategori chainring maupun sprocket. Terbagi lagi, mau yang internal atau juga eksternal gear (derailleur) juga tersedia semua. Untuk gear ratio standard, high gear, dan juga -12% gearing itu semua berbeda satu sama lainnya. Dan untuk perbedaan tersebut akan langsung dibahas pada sesi terakhir yang ada di bawah berikut ini.

Gear Ratio & Pembangunan Sepeda Lipat Brompton

Agar Anda dapat mengetahui performa dari suatu sepeda lipat, maka kita perlu check terlebih dahulu pada bagian gear ratio sepeda. Baik performa berat dan ringannya kayuhan, atau area yang cocok sesuai dengan gear. Gear ratio sama dengan perbandingan daripada ukuran antara chainring dengan ukurang sprocket.

Faktanya untuk sepeda lipat brompton multigear yang memiliki speed 3 dan juga speed 6, gear yang digunakan adalah internal hub. Brompton memilih internal hub gear agar rationya tidak dapat dihitung dengan rumus yang ada di atas. Dikarenakan pada internal hub gear, terdapat konversi tersendiri dari gear tersebut.

Kayuhan pedal juga akan menjadi jauh lebih ringan atau bisa juga berat, karena tidak hanya berpatokan kepada size dari chainring atau sprocket. Pada umumnya juga pernyataan diberikan pada % range, dan juga persentase perubahan ukuran chainring / sprocket. Untuk masing-masing speed / gear akan dipilih pada internal hub gear.

Oleh karena itu jika ingin melihat massa dalam mengayuh pedal hanya dari internal hub gear, tercatat dalam satuan gear inchi dan pembangunan. Development memberikan pernyataan untuk jarak dari seberapa jauh putaran roda atau dalam 1 putaran pedal. Beda halnya untuk gear inch ialah gear ratio dengan perkalian pada diameter roda sepeda. Gear inch telah menggunakan satuan inchi, dan sedangkan untuk development sendiri masih menggunakan basis satuan meter.

Apabila size dari ban sudah sesuai, tingkat dayungan akan semakin berat serta nilai development akan otomatis menjadi besar. Dan juga apabila development semakin rendah, maka dari itu otomatis dayungan pada pedal semakin ringan. Agar mempermudah pada medan terjal atau tanjakan, tentunya kita harus mencari point nilai pada development rendah. Dan juga untuk seorang gowes yang bersepeda pada medan datar / turunan, lebih sesuai dengan ukuran nilai development tinggi.

  • September 18, 2023