Sepeda BMX dan Sejarah Singkat Tentangnya

Sepeda BMX

Sepeda BMX

Sepeda BMX dan Sejarah Singkat Tentangnya

Sejarah singkat mengenai Sepeda BMX, sejarah merupakan hal yang tidak bisa kita lupakan karena sangat berjasa dalam bentuk apapun itu. Sama halnya seperti sejarah dari sepeda bmx ini, pada awal mula tercipta pada tahun 1960-an di kota California Selatan, Amerika Serikat. Dan pada saat itu juga masyarakat Amerika Serikat semakin banyak yang berbondong-bondong ingin memiliki sepeda tersebut. Mulai dari kalangan kanak-kanak hingga orang dewasa tidak terlewat dari keinginan memiliki sepeda BMX.

Setelah beberapa tahun kemudian, tepatnya pada era tahun 1970-an perkumpulan besar sepeda BMX di Amerika Serikat muncul. Seiring berjalannya waktu olahraga sepeda keren ini langsung menyebar ke seluruh penjuru Dunia khususnya paling banyak di bagian Eropa. Karena orang Eropa sangat mengagumi setiap inovasi yang sempurna dan berguna untuk hidup. Perlengkapan bersepeda juga sudah diterapkan pada saat menyebarnya sepeda tersebut untuk melindungi konsumen dari luka-luka kecil.

Federasi Internasional Sepeda BMX 1982

Federasi Internasional BMX didirikan oleh perusahaan produsen mountain bikes dan BMX Haro Bikes. Setelah berdiri pada tahun 1982 – 1983, perlombaan kejuaran besar-besaran perdana juga dilaksanakan pada tahun yang sama. Sampai pada saat itu, olahraga motor cross sempat risau karena banyak yang berpindah cabang olahraga. Dikarenakan banyak sekali kesamaan dari BMX dan motor cross, hanya berbeda ada serta tidak adanya mesin saja.

Motor cross lebih ke tenaga mesin dan skill pengendara, sedangkan BMX juga menggunakan skill tapi tidak dengan kecepatan berkendara. Banyak yang menyimpulkan bahwa kedua olahraga ini sama dan dibuat khusus untuk kalangan menengah kebawah. Tentunya dengan alasan agar bisa merasakan juga sensasi memacu adrenalin dengan atraksi skill luar biasa. Arena dan segala sesuatu yang ada pada dalam arena juga ada pada perlombaan sepeda BMX.

Setelah beberapa tahun dari kejuaran pertama tersebut di 1982 – 1983, mulailah muncul peraturan resmi BMX. Dan lagi-lagi, peraturan ini semakin menyamakan kedua cabang olahraga tersebut. Mulai dari perlengkapan hingga dengan peraturan dalam mendapatkan point-point hasil akrobatik. Setelah itu pendiri BMX mulai memiliki niat untuk bergabung dengan International Cycling Union (UCI) pada saat itu juga.

Pada Januari 1993, tujuan tersebut tercapai untuk bergabung bersama International Cycling Union (UCI). Setelah bergabung tersebut tentunya kepopuleran semakin naik dan semakin banyak olimpiade yang diikuti. Seperti pada awal karirnya di 29 Juni 2003, International Olympic Committee (IOC) memutuskan untuk memberikan kesempatan BMX mengikuti olimpiade Beijing, China tahun 2008.

Awal Sepeda BMX Masuk Indonesia

Pada Negara Asia, Indonesia menjadi salah satu yang menjadi pengguna sepeda BMX terbanyak sampai saat ini. Karena kehidupan BMX sangat identik dengan gaya hidup anak-anak muda modern. Berhubung jumlah penduduk di Indonesia sangat banyak mencapai 278,69 juta jiwa, tidak heran lagi bahwa Indonesia menjadi nomor 1 di Asia. Berawal masuk di Jakarta, ibu kota Negara kita tercinta. Sepeda BMX mulai masuk pada era tahun akhir 1980-an dan tepatnya sah di tahun 1990-an.

Namun juga krisis pada awal masuk karena masih belum banyak yang memiliki minat bersepeda untuk atraksi. Singkat cerita sampai pada tahun 1995 BMX kembali terangkat namanya di Indonesia bagian Senayan, Jakarta. Sejumlah besar konsumen dan pengendaranya ada di Senayan serta perkumpulan sepeda BMX disana juga berkembang sangat pesat sekali. Tidak butuh waktu lama, Senayan sudah menjadi tempat berkumpul anggota sepeda BMX.

Seantero Jabotabek menjadi perkembangan besar dari sepeda BMX sebelum keluar dari pulau Jawa. Salah satunya adalah Super Tetra yang adalah anggota komunitas BMX, didirikan sendiri oleh pemuda-pemuda kayu tinggi, pulo gebang dan juga sekitarnya. Frekuensi pada wilayah tersebut sangat kuat dan menjadikan komunitas tersebut berkembang pesat hingga saat ini. Rasa solidaritas yang kuat masyarakat Indonesia sudah tidak perlu ditanyakan lagi.

Namun, kendala kecil masih melanda masyarakat Indonesia yang hobi bersepeda BMX. Kendala tersebut adalah tempat arena bermain BMX, kalau diluar Negeri sudah menjadi tempat yang lumrah arena tersebut. Jadi para bule tidak kesulitan mencari tempat sepeda BMX dan arena bermainnya. Kalau saat ini mungkin di Indonesia sudah memiliki beberapa tempat khusus yang dibuat pemerintah untuk masyarakat pecinta sepeda BMX.

  • September 18, 2023