Mengenal Apa Itu Sepeda Fixie di Indonesia

Sepeda Fixie

Mengenal Apa Itu Sepeda Fixie di Indonesia

Sepeda Fixie mewakili sepeda sederhana dan menarik yang mungkin perlu disesuaikan oleh sebagian dari kita untuk merasakan sensasi dari sepeda yang dirancang unik ini. Mengenai sepeda fixie, kesan orang bisa sangat kontradiktif. Setiap orang mempunyai pendapatnya masing-masing, bisa saja sepeda fixie itu keren, atau hanya sekedar trend musiman. Namun satu hal yang pasti, sepeda fixie merupakan sepeda yang unik dan berbeda, tidak semua orang bisa dan mampu menggunakan sepeda fixie.

Untuk Anda yang belum tahu atau sekedar ingin tahu tentang sepeda fixie, Anda berada di halaman yang tepat. Pada postingan kali ini saya akan berbicara banyak tentang sepeda fixie, karena ada lebih banyak hal tentang sepeda fixie daripada yang terlihat.

Kebanyakan sepeda dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis, berdasarkan bentuk rangka, suspensi, stang, dll. Misalnya sepeda gunung enduro atau downhill (MTB); sepeda balap touring atau performa; Sepeda Dirt Jump atau Race BMX, dan masih banyak lagi. Namun sepeda fixie hanya dikategorikan berdasarkan drivetrainnya, apapun yang memiliki fixed drivetrain adalah sepeda fixie.

Definisi Dari Sepeda Fixie Untuk Pemula

Sepeda apapun tentu memiliki julukan atau nama tersendiri dari panggilan peminatnya. Seperti halnya juga dengan sepeda fixie yang ternyata bukan lah nama asli dari sepeda tersebut. Fixie sendiri adalah singkatan dari Fixed Gear lho, nama selang ini untuk sepeda dengan sistem penggerak yang hanya memiliki satu gigi tetap di roda belakangnya.

Sepeda Fixie adalah sepeda yang paling sederhana, karena tidak memerlukan pemindah gigi (derailleurs), pemindah gigi (shifter), crankset cincin rantai gAnda atau rangkap tiga, dan beberapa orang bahkan tidak memerlukan rem. Sepeda Fixie tidak memiliki mekanisme freewheel, sehingga setiap putaran roda akan diikuti dengan putaran pedal, baik kedepan maupun ke belakang. Sepeda Fixie tidak mengenal istilah coasting. Coasting adalah saat Anda tidak mengayuh saat sepeda sedang melaju.

Hub roda pada sepeda fixie terpasang pada roda gigi atau sproket, tanpa mekanisme tambahan. Hub, sproket, rantai, pedal, semuanya selalu bergerak bersamaan dengan kecepatan yang sama, ke arah yang sama.

Hal inilah yang membuat bersepeda fixie mempunyai sensasi yang tidak wajar, karena biasanya sejak kecil, belajar naik sepeda kebanyakan menggunakan sepeda non fixie atau sepeda dengan freewheel. Pada sepeda fixie, selama sepeda melaju, pedalnya selalu bergerak sehingga membuat kaki tidak bisa diam dan lebih aktif bergerak. Sepeda Fixie hanya mempunyai satu gigi untuk semua area. Selain itu, sepeda fixie membuat kita lebih waspada di jalan, karena sepeda fixie mempunyai cara berhenti yang berbeda-beda (bagi yang tidak memiliki rem).

Sepeda fixie tanpa rem menghentikan sepedanya dengan menghentikan putaran pedal. Tidak cukup hanya sekedar menahan dan mengurangi putaran pedal. Pedal harus dipegang dengan cukup kuat, biasanya sambil berdiri di atas pedal, untuk menghentikan perputaran roda. Berikutnya adalah komunitas sepeda fixie di Indonesia khususnya di pulau Jawa, Indonesia.

Komunitas Sepeda Fixie di Indonesia

Komunitas sepeda fixie Indonesia semakin luas pada era 2022-2023 setelah covid selesai. Dan untuk komunitas fixie sendiri jarang sekali dikenali karena private group yang sering diterapkan pada masing-masing grup. Namun menurut data, untuk komunitas berdominan pada Senayan, Jakarta Indonesia.

Semua komunitas ada disana, seperti sepeda bmx dan juga polygon group senayan Jakarta. Masing-masing dari tim tersebut telah memiliki pengalaman tersendiri untuk menjadi besar di komunitas mereka. Survey yang dilakukan belum ada yang diluar dari pulau Jawa, sementara ini untuk grup terbesar masih berada pada pulau Jawa.

Pada pulau Kalimantan terdapat beberapa komunitas fixie tepatnya di kota Pontianak. Mulai berkembang pada tahun 2018 lalu dan hingga saat ini semakin berkembang pesat sekali. Semoga bisa semakin besar dan jaya untuk calon ibu kota Indonesia pada beberapa tahun kedepan nanti.

Sekian untuk artikel dari sepeda fixie kali ini, semoga dapat membantu Anda semua. Untuk pemula maupun senior terima kasih telah berkunjung pada halaman ini dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

  • September 18, 2023