Review Sepeda Balap Polygon Strattos 2021

Sepeda Balap

Sepeda Balap

Review Sepeda Balap Polygon Strattos 2021

Demikian preview line-up dan model sepeda balap Polygon Strattos 2020/2021. Strattos terakhir kali mendapat upgrade/facelift pada tahun 2019. Polygon sebelumnya merilis upgrade pada sepeda gunung Premier 2021 dan Xtrada 2021, disusul Strattos 2021 termasuk versi rem cakram.

Untuk kelas sepeda balap, Polygon memiliki dua seri, yaitu Stratos dan Helios. Polygon helios untuk kelas advanced yang harga motornya diatas 30 jutaan. Strattos juga dapat digunakan untuk pengendara pemula hingga mahir, memiliki lebih banyak opsi, dan lebih mudah ditingkatkan untuk meningkatkan performa.

Sepeda Balap Polygon Strattos 2021 vs 2019

Selain perbedaan warna sepeda, tak jauh berbeda antara Strattos 2019 dan Strattos 2021. Berbeda dengan sepeda gunung Polygon Xtrada edisi terbaru yang banyak mendapat ubahan komponen, terutama berkat kehadiran new Shimano Deore M6000. groupset kecepatan seri 12 yang banyak digunakan pada Xtrada terbaru.

Groupset sepeda balap brand Shimano tidak banyak mengalami perubahan sejak tahun 2018, groupset road bike Shimano terakhir yang mendapatkan upgrade adalah seri Shimano 105 7000 pada tahun 2018, dan Tiagra 4720 (disc brake) pada tahun 2019. Jadi untuk Strattos 2020/2021 line-upnya juga tidak ada perubahan pada komponen drivetrainnya, dan masing-masing model masih menggunakan rasio roda gigi (chainring/cassette) dan kecepatan yang sama. Perbedaannya lebih banyak pada aksesoris dan kosmetik sepeda.

Ada sedikit perubahan pada geometri rangka Strattos S2 & S3, entah apakah ini akan memberikan nuansa berbeda, ada perbedaan panjang beberapa mm (1-3 mm) pada Wheelbase, Frame Reach, Frame Stack, Standover Height, berdasarkan grafik geometri Polygon.

Selain class, Sepeda Strattos dibagi pada 2 kategori yakni:

  • Strattos (rem velg)
  • Rem Cakram Merk Strattos

Kecuali Strattos S7, Strattos dengan rem pelek dikategorikan dalam kelas serba bisa, atau sepeda latih dan komuter. Namun dalam penggunaannya, sepeda Polygon Strattos sangat mampu bersaing dengan sepeda entry level lainnya. Strattos S7 berada di kelas performa, dengan perbedaan pada rangka karbon, BB pressfit, dan desain rangka yang disetujui UCI, yang berarti memenuhi standar bentuk rangka & geometri untuk kompetisi bersepeda profesional di bawah UCI.

Rangka Strattos S7 sudah Di2 Ready yang artinya kompatibel dengan komponen groupset Shimano Di2 dan routing kabel (elektronik nirkabel), dimana frame sudah mempunyai lubang dan routing kabel untuk pemasangan komponen Di2, baterai dan kabel power.

Cakram Brake Strattos 2021

Cakram brake Polygon Strattos panggang 2021 merupakan generasi kedua, dari rem cakram Strattos generasi awal 2018/2019. Perbedaan antara rem cakram Strattos dengan Strattos reguler tidak hanya pada penggunaan rem cakramnya saja, namun rem cakram Strattos lebih ditujukan untuk performa sepeda, lebih cepat dan efisien, dengan desain geometri yang lebih agresif, serta penggunaan komponen dan drivetrain tingkat yang lebih tinggi (Shimano 105 dan Ultegra). Hal ini membuat harga sepeda menjadi lebih mahal.

Tidak ada sama sekali perubahan rangka pada Strattos Disc 2021, untuk Strattos S5 (ALX/alloy) masih memiliki desain yang lebih aero dan memaksimalkan otot kaki dibandingkan Strattos biasa. Untuk cakram brake karbon Strattos S7 dan S8, geometri rangkanya sama dengan karbon Strattos S7.

Brake cakram pada sepeda balap dapat membantu memberikan pengereman yang baik di segala kondisi (basah, hujan, dan debu), rem yang lebih kuat untuk sepeda yang lebih cepat. Meski rem cakram juga berdampak kecil pada bobot dan aerodinamis motor.

Brake cakram Strattos S7 dan S8 menggunakan rangka karbon yang memenuhi standar UCI, sedangkan Strattos S5 menggunakan rangka alloy dan ulir BB. Meski menggunakan brake cakram, sepeda jenis Strattos tidak termasuk dalam kategori sepeda kerikil.

Kenaikan harga sepeda Polygon Strattos meski dengan spesifikasi yang sama juga dipengaruhi oleh kenaikan harga komponen sepeda. Polygon merupakan salah satu merek yang lebih ketat dalam mengontrol dan menjaga harga sepeda, yang kini tidak jelas. Harga sepeda Strattos baru juga membuat para pesepeda tidak bisa mengejar Strattos lama dengan harga gila-gilaan.

Strattos dengan edisi rem cakram sudah keluar lebih dulu, sedangkan Strattos reguler sudah mulai bermunculan namun masih terbatas. Bahkan dikabarkan sulit mendapatkan indentasi karena antrean pembeli sudah terlalu banyak dibandingkan saat produksi. Untuk mendapatkan harga normal Polygon Strattos 2021, belilah melalui channel dan toko resmi, dan bersabarlah.

  • September 18, 2023